BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada dasarnya setiap anak mempunyai ciri khas masing-
masing, baik dalam peranan kehidupan sehari – harinya. Hal ini disebabkan
karena setiap individu mempunyai latar belakang yang berbeda, mulai dari
lingkunagn keluarga, status ekonominya, serta beberapa aspek yang mampu membuat
perkembangan tubuh seorang individu berkembang atau tidaknya. Maka dari itu
perlu suatu tatanan bagi setiap anak untuk dapat dipenuhi segala macam
kebutuhannya demi perkembangan yang ideal.
Perkembangan motorik anak usia sekolah dasar tergantung
pada gerak anak itu sendiri, terkadanga anak mau unutk bergerak, terkadanga
pula anak sama sekali tidak mau bergerak. Maka dalam masalah seperti ini, di
harapkan seorang pengajar agar biosa lebih memberikan motivasi kepada anak
untuk tetap bergerak demi terciptanya suasana belajar mengajar yang kondusif,
dan selebihnya untuk menjadikan anak bisa lebih terjaga kesehatannya.
1.2 Tujuan
Tujuan disusunnya makalah ini yaitu untuk menambah ilmu
pengetahuan khususnya kita sebagai mahasiswa PJKR apabila kita nantinya
dihadapkan pada seorang peserta didik mengenai gerak dasar dan perkembangan
motoriknya.
Mudah – mudahan makalah ini dapat berguna khususnya bagi
mahasiswa PJKR agar nantinya terbiasa dengan lingkungan yang dihadapinya di
sekolah dalam kegiatan belajar mengajar.
1.2 Rumusan Makalah
- Jenis permainan atau olahraga apa yang cocok bagi anak sekolah dasar ?
- Komponen apa saja yang berpengaruh terhadap perkembangan gerak dasar anak?
- Faktor – faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan anak ?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Untuk SD Kelas
I
Standar
kompetensi : 1. Mempraktikan gerak
dasar ke dalam permainan sederhana / aktifitas jasmani dan nilai – nilai yang
terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 1.1 Mempraktikan gerak dasar
jalan, lari, dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
Indikator : Melakukan gerak dasar
lokomotor
- Melakukan gerakan jalan
- Melakukan
gerakan lari
Dalam indikator
pembelajaran tersebut ada beberapa komponen yang sangat berpengaruh,
diantaranya yaitu:
- Balance (keseimbangan) : Siswa mampu mempertahankan tubuhnya untuk tetap bergerak, misalkan dalam gerakan berjalan ke depan, ke belakang, ke samping, lari ke depan, ke belakang, ke kiri dan ke kanan.
- General Endurance (daya tahan) : Siswa mampu mengontrol stamina atau dalam kata lain bisa mengatur napasnya agar tidak mudah cape, karena aktifitas berlari tersebut, serta bisa menjaga keseimbangan tubuhnya agar tidak mudah jatuh.
Standar
kompetensi : 3. Mempraktikan gerak
dasar ke dalam senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai – nilai yang
terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar
: 3.2 Mempraktikan gerak dasar keseimbangan
dinamis tanpa alat, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi
dan percaya diri.
Indikator : Melakukan gerak dasar
-
berjalan di atas garis lurus
-
berjalan dengan mata ditutup
-
berjalan lurus dengan kaki
jinjit
Komponen yang
dominan dalam materi pembelajaran ini, yaitu:
- Balance : Siswa mampu mepertahankan posisi tubuhnya pada saat berjalan di garis lurus ataupun dengan mata tertutup.
- Sternghth : Kekuatan otot tungkai dan jari- jari kaki sangat diperlukan ketika siswa harus berjalan lurus dengan kaki jinjit
Standar
kompetensi : 4. Mempraktikan gerak
dasar / mengunkapkan perasaan melalui gerakan berirama dan nilai – nilai yang
terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 4.1 Mempraktikan gerak dasar /
gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik,, serta nilai disiplin,
sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
Indikator :
Melakukan gerak dasar
- Menirukan gerakan binatang dan gerakan pohon ditiup angin
Dalam indikator
pembelajaran tersebut da beberapa komponen yang sangat berpengaruh, diantaranya
yaitu:
- Koordinasi : Siswa mampu menirukan berbagai macam gerakan dari apa yang dilihatnya, misalkan menirukan gerakan gajah berjalan, burung terbang, dan pohon yang tertiup angin.
2.2 Untuk SD
Kelas 2
Standar
kompetensi : 1. Mempraktikan gerak
dasar ke dalam permainan sederhana / aktifitas jasmani dan nilai – nilai yang terkandung
didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 1.3 Mempraktikan gerak dasar melempar,
menangkap, menendang, menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan
sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya
diri.
Indikator : Gerakan
-
Melakukan gerak dasar melempar
-
Melakukan gerak dasar menangkap
Dalam indikator
tersebut, ada beberapa komponen yang sangat dominan untuk erkembangan gerak
anak / siswa, komponen tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :
- Power : Siswa mampu melempar sejauh mungkin, sesuai yang dianjurkan oleh gurunya, dalam hal ini otot bisep maupun trisep sangat berpengaruh agar hasil lemparannya bagus.
- Reaction Time : Kecepatan reaksi siswa dalam menangkap hasil lemparan sangat diperlukan. Hal ini juga berpengaruh terhadap sitem koordinasinya,, karena siswa mampu menangkap bola dengan baik pada waktu yang tepat pula.
Standar
kompetensi : 2. Mempraktikan gerak
dasar kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 2.1 Mempraktikan suatu jenis
bentuk latihan untuk meningkatkan otot lengan dan otot tungkai dengan mengikuti
aturan, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya
diri.
Indikator : Melakukan Gerakan
-
Latihan otot lengan
-
Latihan otot tungkai
Dalam Materi
kali ini ada beberapa komponen yang sangat diperlukan :
- Power : Siswa mampu melatih beberapa otot lengan maupun otot tungkai dalam gerakan seperti, jalan kepiting ke depan, gerobak berjalan, latihan lari ke depan, latihan jalan jongkok.
- Balance : Keseimbangan tubuh siswa dapat berpengaruh agar hasil dari gerakan – gerakan tersebut tercapai.
- Strenghth : Kontraksi otot pada saat melakukan gerakan – gerakan tersebut harus mampu dimaksimalkan oleh siswa.
- General Endurance : Daya tahan tubuh siswa sangat diperlukan agar siswa mampu melakukan gerakan – gerakan tersebut mulai dari awal sampai akhir, karena faktor stamina pun berpengaruh supaya hasil nya memuaskan.
Standar
kompetensi : 3. Mempraktikan gerak
senam ketangkasan dasar dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 3.1 Mempraktikan senam ketangkasan
sederhana melompat, meloncat dengan isyarat keberbagai arah, serta nilai
sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
Indikator : Melakukan Gerakan Dasar
-
Senam ketangkasan sederhana
tanpa alat
Dalam Materi
kali ini ada beberapa komponen yang sangat diperlukan :
- Power : Siswa mampu melatih beberapa otot tungkai dalam gerakan seperti latihan lompat ke depan , loncat ke depan.
- Flexibility : Kelentukan gerak ruang sendi dan otot sangat lah berpengaruh, hal ini dapat di lihat dari gerkan siswa pada latihan jalan kemudian melompat ke depan, karena ada jeda pada saat berjalan ke melompat.
- Daya Tahan : Siswa mampu menjaga stamina / energinya selama materi itu di berikan.
2.3 Untuk SD
Kelas 3
Standar
kompetensi : 1. Mempraktikan berbagai
kombinasi gerak dasar melalui permainan sederhana dan nilai – nilai yang
terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 1.2 Mempraktikan kombinasi
berbagai gerak mengayun, membungkuk, menekuk dalam permainan sederhana dan
aturan, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya
diri.
Indikator : Gerakkan
- Melakukan gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan gerak manipulatif.
Dalam indikator
pembelajaran tersebut ada beberapa komponen yang sangat berpengaruh,
diantaranya yaitu:
- Power : Daya ledak otot ini dapat terlihat dari gerkan siswa pada saat gerakan saling mendorong berpasangan, gerakan saling menarik berpasangan.
- Strenghth : Kekuatan otot pada saat berkontraksi mampu memberikan dorongan atau tarikan yang sangat kuat.
- Balance (keseimbangan) : Siswa mampu mempertahankan tubuhnya untuk tetap bergerak atau dalam kata lain tidak jatuh pada saat mendorong atau menarik.
- Flexibility : Kelentukan tubuh siswa dapat terlihat pada saat melakukan sikap lilin, menekuk tubuh, punggung dan lutut.
Standar
kompetensi : 1. Mempraktikan berbagai
kombinasi gerak dasar melalui permainan sederhana dan nilai – nilai yang terkandung
didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 1.2 Mempraktikan kombinasi
berbagai gerak dasar melempar, menangkap, dan menendang dengan koordinasi yang
baik dalam permainan sederhana dan aturan, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri.
Indikator : Gerakkan
- Melakukan gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan gerak
manipulatif.
Dalam indikator
pembelajaran tersebut ada beberapa komponen yang sangat berpengaruh,
diantaranya yaitu:
- Power : Daya ledak otot mampu berkontraksi dengan baik pada saat gerakan melempar bola sambil bergerak, dan menendang bola sambil bergerak.
- Strenghth : Kekuatan otot – otot pun diperlukan agar hasil lemparan atau tendangannya bagus dan tepat sasaran.
- Balance : Keseimbangan tubuh yang sangat diperlukan agar siswa tidak jatuh pada saat bergerak.
- Reaktion Time : Siswa harus menentukan waktu yang tapat untuk melempar, atau menendang agar hasilnya baik serta siswa yang lain mampu menangkap bola tersebut pada waktu yang tepat pula.
Standar kompetensi : 2. Mempraktikan aktifitas kebugaran
jasmani secara sederhana dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 2.2 Mempraktikan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta memiliki
pengetahuan dengan mengikuti aturan, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri.
Indikator : Melakukan Gerakan
- Melakukan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan
dan keseimbangan secara sederhana.
Siswa dapat
melakukan berbagai macam gerakan, seperti : lari bolak – balik memindahkan
benda, gerakan jongkok berdiri, bergerak berpindah tempat dengan isyarat. Dalam
indikator tersebut ada beberapa komponen yang sangat berpengaruh, diantaranya :
- Power : Daya ledak otot mampu berkontraksi dengan baik pada saat gerakan lari bolak – balik memindahkan benda, gerakan jongkok berdiri
- Strength : Kekuatan otot – otot pun diperlukan agar berkontraksi dengan baik, terutama otot tungkai, yakni pada gerakan jongkok berdiri secara berulang – ulang.
- Balance : Keseimbangan tubuh dapat terlatih dengan gerakan – gerakan tersebut.
- Agility : Kelincahan gerak siswa dapat terlihat ketika waktu yang diperoleh dari hasil gerakan tadi sesingkat mungkin.
- Reaction Time : Siswa mampu mendengar isyarat dengan tertiupnya peluit maka harus lari, dalam gerakan berpindah tempat dengan isyarat. Hal ini juga berpengaruh terhadap sistem perintah / koordinasi masing – masing siswa.
2.4 Untuk SD
Kelas 4
Standar
kompetensi : 1. Mempraktikan gerak
dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga, serata nilai – nilai yang
terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 1.3 Mempraktikan gerak dasar dalam
permainan bola besar sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
Indikator : Melakukan Gerakan
- Bermain sepak bola dengan peraturan yang sederhana atau
dimodifikasi.
Untuk materi
pokok pembelajaran Sepak Bola, ada beberapa komponen yang sangat dominan untuk
perkembangan gerak anak / siswa, komponen tersebut dapat diuraikan sebagai
berikut :
- Power : Seorang siswa mampu menendang bola dengan punggung kaki, kaki bagian dalam, kaki bagian luar, baik kaki kanan maupun kaki kiri.
- Agility : Siswa mampu berlari dan megontrol bola dengan kaki kanan atau kiri.
- Speed : Kecepatan yang diperlukan pada saat berlari baik membawa bola maupun mengejar bola.
- Daya Tahan : Siswa mampu mengontrol stamina agar tetap bergerak selama berlari ataupun mengejar bola.
- Balance : Siswa mampu menjaga posisi tubuhnya agar tetap bergerak, dan tidak mudah jatuh pada saat bergerak tersebut.
Standar
kompetensi : 2. Mempraktikan latihan
untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan nilai – nilai yang terkandung
didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 2.1 Mempraktikan berbagai bentuk
aktifitas / permainan sederhana untuk melatih daya tahan dan kekuatan otot
dengan mengikuti aturan, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama,
toleransi dan percaya diri.
Indikator : Melakukan Gerakan
- Melakukan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan
tubuh dan kekuatan otot.
Komponen –
komponen yang berpengaruh dalam materi ini, yaitu :
- Power : Kekuatan otot dapat terlatih ketika siswa melakukan gerakan mengangkat tubuh, gerakan melompat di tempat.
- Daya Tahan : Siswa mampu mempertahankan posisi tubuhnya melalui gerakan melompat baik menggunakan awalan atau tidak menggunakan awalan.
- Balance : Keseimbangan tubuh sangatlah berpengaruh agar siswa tidak jatuh dan dapat terlatih dengan gerakan – gerakan seperti di atas.
Standar
kompetensi : 3. Mempraktikan gerak
dasar senam lantai dan senam ketangkasan sederhana untuk meningkatkan kebugaran
jasmani, serta nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 3.1 Mempraktikan kombinasi gerak senam
lantai tanpa alat dengan memperhatikan keselamatan, serta disiplin, keberanian,
kejujuran, kerjasama, sportivitas, toleransi, dan percaya diri.
Indikator : Melakukan Gerakan
-
Roll depan
-
Roll belakang
Komponen –
komponen yang berpengaruh dalam materi ini, yaitu :
- Srength : Kekuatan otot mampu melakukan berbagai gerakan dasar senam seperti roll depan maupun roll belakang.
- Balance : Keseimbangan tubuh diperlukan agar hasil putaran tidak berbelok ke kanan atau kiri.
- Flexibility : Kelentukan tubuh sangat menunjang hasil putaran tersebut, pada hal ini siswa mampu berguling dengan ruang gerak otot dan sendi yang baik agar hasil putarannya baik pula.
- Power : kekuatan otot lengan dan otot tungkai juga berpengaruh, dan digunakan pada saat gerakan Roll depan dan Roll belakang.
2.5 Untuk SD
Kelas 5
Standar
kompetensi : 1. Mempraktikan gerak
dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga, serta nilai – nilai yang
terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 1.1 Mempraktikan gerak dasar dalam
permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai
sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
Indikator : Melakukan Gerakan
- Bermain Kasti dengan peraturan yang sederhana atau dimodifikasi.
Untuk materi
pokok pembelajaran Kasti, ada beberapa komponen yang sangat dominan untuk
perkembangan gerak anak / siswa, komponen tersebut dapat diuraikan sebagai
berikut :
- Power : Siswa mampu melakukan gerakan melempar bola, memukul dan berlari.
- Sterength : Kekuatan otot teruji ketika siswa melakukan berbagai macam gerakan tersebut.
- Speed : Kekuatan otot tungkai sangat diperlukan ketika siswa berlari.
- Balance : Keseimbangan tubuh mesti tetap terjaga.
- Agility : Kelincahan gerak siswa terlihat ketika ia berlari dan menghindar dari lawan mainnya.
- Koordinasi : Siswa mampu menempatkan bola tepat pada saat di pukul dan siswa yang lain menangkapnya.
Standar
kompetensi : 1. Mempraktikan latihan
untuk meningkatkan kebugaran jasmani, dan nilai – nilai yang terkandung
didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 2.1 Mempraktikan berbagai bentuk
aktifitas untuk melatih kekuatan otot anggota badan bagian atas dengan
mengikuti aturan, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan
percaya diri.
Indikator : Melakukan Gerakan
- Melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan daya tahan dan
kekuatan otot anggota badan bagian atas.
Ada beberapa
Komponen yang perlu diperhatikan dalam materi ajar kali ini :
- Power : Siswa mampu melakukan gerakan Push Up dan Sit Up selama waktu yang ditentukan.
- Strength : Kekuatan otot lengan, dada, dan perut sangat diperlukan agar hasil gerakannya baik.
- Flexibility : Kelentukan ruang gerak sendi dan otot berpengaruh terhadap gerakan – gerakan tersebut.
- Daya Tahan : Siswa mampu memperthankan staminanya selama waktu yang ditentukan.
Standar
kompetensi : 4. Mempraktikan gerak
dasar ritmik tersetruktur secara individu dan beregu dengan atau tanpa
menggunakan musik dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 4.1 Mempraktikan gerak dasr ritmik
pola jalan, lari dan lompat secara individu dan beregu dengan atau tanpa
menggunakan musik, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan
percaya diri.
Indikator : Melakukan Gerakan
- Melakukan gerak dasar ritmik sederhana dengan atau tanpa musik.
Komponen –
komponen yang sangat diperlukan , yaitu :
- Coordination : Siswa mampu bergerak melangkah dengan irama, atau tanpa irama dengan berbagai variasi arah.
- Balance : Keseimbangan tubuh siswa berpengaruh terhadap hasil gerakan, karena waktu yang mungkin cukup lama.
- Agility : Siswa mampu bergerak melangkah dengan irama keberbagai variasi arah yang ditentukan.
- Power : kekuatan otot tungkai dan perut sangat lah berpengaruh untuk menghasilkan gerakan yang baik.
2.6 Untuk SD kelas 6
Standar
kompetensi : 1. Mempraktikan berbagai
gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar
: 1.1 Mempraktikkan gerak dasar
salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan
peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuan.
Indikator : Melakukan Gerakan
- Bermain Tenis Meja dengan peraturan yang sederhana atau
dimodifikasi.
Untuk materi
pokok pembelajaran Tenis meja, ada beberapa komponen yang sangat dominan untuk
perkembangan gerak anak / siswa, komponen tersebut dapat diuraikan sebagai
berikut :
- Power : seorang siswa dapat melatih otot – otot tubuhnya yakni pada bagian lengan, perut dan kaki. Karena ketiganya sangat berpengareuh terhadap tekhnik dasar pukulan – pukulan pada permainan tennis meja tersebut.
- Speed : kecepatan yang diperlukan siswa untuk memukul bola dengan laju yang cepat dan terukur. Di samping itu dapat melatih gerakan – gerakan kaki untuk dapat melangkah dan bergerak lebih cepat baik ke samping kanan atau kiri, ke depan maupun kebelakang.
- Daya Tahan : Siswa mampu bermain lebih lama sesuai waktu yang ditentukan oleh pelatih atau pendidiknya. Disamping itu juga mampu menjaga staminanya selama berlatih.
- Agility : Siswa mampu bergerak lebih cepat baik ke samping kanan atau kiri, ke depan maupun kebelakang untuk penempatan posisi agar bola terpukul dengan baik untuk mematikan seorang lawan tandingnya.
Standar
kompetensi : 2. Mempraktikkan latihan
peningkatan kualitas jasmani (komponen kebugaran jasmani) dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 2.2 Mempraktikkan berbagai latihan
untuk memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai-nilai keselamatan
diri pun terjaga.
Indikator : Melakukan Gerakan
- Latihan gerakan kekuatan
Ada beberapa
Komponen yang diperlukan dalam materi ajar kali ini, yeitu :
- Power : Siswa mampu melakukan berbagai macam gerakan seperti Mendorong gerobak, Push-up, Sit-up, Back-up, dan Naik turun tangga.
- Strength : kekuatan otot – otot leher, dada, tungkai, dan lengan sangat diperlukan agar hasil gerakan nya baik.
- Balance : Keseimbangan tubuh harus tetap terjaga, untuk menghasilkan gerakan sebanyak mungkin dalam waktu yang ditentukan.
Standar
kompetensi : 6. Mempraktikan berbagai
gerak dasar dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
: 6.1 Mempraktikan penerapan tehnik
dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas dan kejujuran
Indikator : Melakukan Gerakan
- Bermain Bola Voli dengan peraturan yang sebenarnya.
Untuk materi
pokok pembelajaran Bola Voli, ada beberapa komponen yang sangat dominan untuk
perkembangan gerak anak / siswa, komponen tersebut dapat diuraikan sebagai
berikut :
- Power : Siswa mampu melakukan berbgai macam gerakan seperti service, passing, dan smash.
- Strength : Kekuatan otot lengan, perut, dan tungkai sangat dilakukan pada saat melakukan smash.
- Balance : Keseimbangan tubuh siwa dapat terlihat ketika siswa mampu bermain dengan baik.
- Speed : Siswa mampu berlari mengejar bola yang terlempar jauh dari lapangan permainan.
- Coordination : adanya koordinasi antara siswa yang satu dengan siswa yang lain, agar mampu menghasilkan permainan yang menarik.
- Reaction Time : Penemptan waktu yang baik saat melakukan service, passing maupun smash.
BAB III
SIMPULAN DAN SARAN
3.1
Simpulan
Perkembangan gerak dasar
anak usia SD dapat terlihat kala si anak mau bergerak bersama teman – temannya.
Di samping itu ada beberapa komponen yang sangat berpengaruh dalam diri masing
– masing anak, seperti : Speed, Power, General Endurance, Balance, Agility,
dll, yang memungkinkan anak mau dan mampu bergerak. Karena setiap anak
mempunyai perbedaan dalam memiliki komponen – komponen kebugaran jasmani
tersebut.
Jenis permainan atau
olahraga yang cocok untuk anak usia sekolah dasar nantinya diharapkan bisa memberikan kebugaran
jasmani pada diri anak semakin meningkat, dengan mengikuti berbagai macam
olahraga atau jenis permainan tertentu seorang anak lebih mampu bergerak serta nantinya
ada perbaikan sistem kesehatan bagi diri seorang anak.
3.2 Saran
Dengan disusunnya
makalah ini kami berharap para mahasiswa dapat mengetahui dan mengenal tentang perkembangan
gerak dasar seorang anak pada tingkatan usia tertentu. Agar nantinya dapat
dimengerti oleh semua mahasiswa untuk pribadinya dan untuk di berikan kepada
peserta didiknya di masa yang akan datang.
Mudah- mudahan makalah
ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada
semua pihak yang telah membantu dalam pengerjaan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Rpp, Kurikulum,
dan Silabus Penjasorkes SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar