Sabtu, 19 Maret 2016

Pengertian Definisi Operasional dan Instrumen Penelitian


A.          Definisi Operasional
Pembelajaran remedial adalah suatu kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk menindaklanjuti siswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran dengan cara mendiagnosis penyebabnya kemudian mencari alternatif cara perbaikannya sehingga siswa tersebut dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan optimal sesuai kemampuannya.
Model pembelajaran kontekstual adalah model pembelajaran yang mendorong siswa untuk mampu mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari – hari dalam bermasyarakat.
Pembelajaran remedial dengan menggunakan model pembelajaran konekstual adalah pembelajaran remedial yang dilaksanakan berdasarkan model kontekstual agar siswa mampu menghubungkan materi yang belum dipahami dengan kegiatan sehari – hari sehingga materi tersebut dapat mudah dipahami dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.
Pembelajaran dengan subtema makananku sehat dan bergizi merupakan salah satu subtema yang terdapat dalam tema makanan sehat dan bergizi, kurikulum 2013 kelas IV. Mata pelajaran yang ditematikan dalam subtema ini adalah Ilmu Pengetahuan Alam, PPKn, Bahasa Indonesia, SBdP, Ilmu Pengetahuan Sosial, PJOK dan matematika.

B.        Instrument Penelitian
Instrument penelitian adalah alat yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data sehingga hasil data lebih cermat, sistematis, dan lebih mudah diolah. Instrument yang digunakan oleh peneliti yaitu lembar kuesioner, lembar observasi, pedoman wawancara, check-list, dan soal remedial.
1.        Lembar Kuesioner
Lembar kuesioner berisikan pertanyaan – pertanyaan yang harus dijawab oleh responden secara tertulis.
2.        Lembar observasi
Lembar observasi berisikan hal hal yang harus diamati dan dicatat oleh peneliti pada saat kegiatan observasi.
3.        Pedoman Wawancara
Pedoman wawancara berisikan daftar pertanyaan yang akan ditanyakan oleh peneliti dan diminta dijawab oleh responden.
4.        Check-list
Check-list berisikan daftar yang harus dicocokan antara suatu hal yang ada dilapangan dengan daftar yang telah ditentukan oleh peneliti.
5.        Soal remedial
Soal remedial adalah beberapa soal yang harus dikerjakan oleh siswa yang melaksanakan pembelajaran remedial. Penggunaan soal remedial sebagai instrument penelitian untuk mengetahui keterpakaian dari soal remedial yang telah dibuat oleh peneliti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar