Selasa, 15 Maret 2016

Research and Development atau Metode Penelitian dan Pengembangan Menurut Sugiyono

Metode penelitian yang digunakan yaitu research and development atau metode penelitian dan pengembangan. Menurut Sugiyono (2009, hlm. 407), “metode penelitian dan pengembangan (research and development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut.” Penggunaan metode ini sesuai dengan namanya yaitu diawali dengan penelitian atau research yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan pengguna, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan atau development yang bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran remedial dengan menggunakan model kontekstual.
Pada kegiatan research, terdapat kegiatan rancangan awal dalam tahap pendefinisian. Kegiatan rancangan awal bertujuan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan dan analisis datanya adalah metode statistik deskriptif. Menurut Sugiyono (2012, hlm. 207) statisik deskriptif  adalah statistic yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi.
Kemudian pada tahap pengembangan produk, metode yang dilakukan adalah metode kualitatif. Ketika melakukan pengolahan data, metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang hasilnya dideskripsikan. Proses pengembangan pembelajaran remedial dengan menggunakan model kontekstual ini mengacu pada model pengembangan pembelajaran Thiagarajan yang terdiri dari 4-D yakni meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap pendiseminasian (disseminate).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar