Secara
umum tujuan dari pembelajaran remedial yaitu membantu siswa yang mengalami
kesulitan belajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Secara terperinci
tujuan pembelajaran remedial menurut Ahmadi dan Supriyono (2004, hlm. 154)
adalah sebagai berikut:
a.
Agar siswa dapat memahami
dirinya, khususnya prestasi belajar. Selain itu, siswa juga dapat mengetahui
kelemahannya dalam mempelajari suatu pelajaran dan juga kekuatannya.
b.
Agar siswa dapat memperbaiki atau
mengubah cara belajar kea rah yang lebih baik.
c.
Agar siswa dapat memilih materi
dan fisilitas belajar secara tepat.
d.
Agar siswa dapat mengembangkan
sikap dan kebiasaan yang dapat mendorong tercapainya hasil yang lebih baik.
e.
Agar siswa dapat melaksanakan
tugas – tugas belajar yang diberikan kepadanya
Sedangkan
secara keseluruhan proses pembelajaran, menurut Mukhtar dan Rusmini (2007, hlm
24-25) pembelajaran remedial berfungsi sebagai:
a.
Fungsi Korektif
Fungsi
korektif artinya melalui pembelajaran remedial dapat dilakukan pembenaran atau
perbaikan terhadap hal – hal yang dipandang belum memenuhi apa yang diharapkan
dalam keseluruhan proses pembelajaran, antara lain mencakup perumusan tujuan,
penggunaan metode, cara – cara belajar, materi dan alat pelajaran, dan
evaluasi. Dengan perbaikan terhadap hal – hal tersebut, maka prestasi belajar
siswa dan faktor – faktor yang mempengaruhinya dapat diperbaiki.
b.
Fungsi pemahaman
Fungsi
pemahaman artinya melalui pembelajaran remedial memungkinkan guru, siswa, atau
pihak – pihak lainnya akan dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dan
komprehensif mengenai pribadi siswa.
c.
Fungsi penyesuaian
Fungsi penyesuaian artinya bahwa
melalui pembelajaran remedial siswa dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri
dengan lingkungannya (proses belajarnya). Dengan demikian siswa dapat belajar
sesuai dengan kemampuannya sehingga peluang untuk mencapai hasil belajar yang
lebih baik.
d.
Fungsi pengayaan
Fungsi
pengayaan artinya melalui pembelajaran remedial akan memeperkaya proses
pembelajaran, sehingga materi yang tidak disampaikan pada proses pembelajaran
akan dapat diperoleh melalui pembelajaran remedial.
e.
Fungsi akselerasi
Fungsi
akselerasi artinya melalui pembelajaran remedial akan dapat diperoleh hasil
belajar yang lebih baik dengan menggunakan waktu yang efektif dan efisien.
f.
Fungsi terapeutik
Fungsi terapeutik artinya melalui pembelajaran
remedial, kondisi – kondisi kepribadian siswa yang diperkirakan menunjukan
adanya penyimpangan dapat disembuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar