Senin, 14 Maret 2016

Secara Umum Tujuan Dari Pembelajaran Remedial


Secara umum tujuan dari pembelajaran remedial yaitu membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Secara terperinci tujuan pembelajaran remedial menurut Ahmadi dan Supriyono (2004, hlm. 154) adalah sebagai berikut:
a.          Agar siswa dapat memahami dirinya, khususnya prestasi belajar. Selain itu, siswa juga dapat mengetahui kelemahannya dalam mempelajari suatu pelajaran dan juga kekuatannya.
b.         Agar siswa dapat memperbaiki atau mengubah cara belajar kea rah yang lebih baik.
c.          Agar siswa dapat memilih materi dan fisilitas belajar secara tepat.
d.         Agar siswa dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan yang dapat mendorong tercapainya hasil yang lebih baik.
e.          Agar siswa dapat melaksanakan tugas – tugas belajar yang diberikan kepadanya
Sedangkan secara keseluruhan proses pembelajaran, menurut Mukhtar dan Rusmini (2007, hlm 24-25) pembelajaran remedial berfungsi sebagai:
a.          Fungsi Korektif
Fungsi korektif artinya melalui pembelajaran remedial dapat dilakukan pembenaran atau perbaikan terhadap hal – hal yang dipandang belum memenuhi apa yang diharapkan dalam keseluruhan proses pembelajaran, antara lain mencakup perumusan tujuan, penggunaan metode, cara – cara belajar, materi dan alat pelajaran, dan evaluasi. Dengan perbaikan terhadap hal – hal tersebut, maka prestasi belajar siswa dan faktor – faktor yang mempengaruhinya dapat diperbaiki.
b.         Fungsi pemahaman
Fungsi pemahaman artinya melalui pembelajaran remedial memungkinkan guru, siswa, atau pihak – pihak lainnya akan dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dan komprehensif mengenai pribadi siswa.
c.          Fungsi penyesuaian
Fungsi penyesuaian artinya bahwa melalui pembelajaran remedial siswa dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungannya (proses belajarnya). Dengan demikian siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuannya sehingga peluang untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik.
d.         Fungsi pengayaan
Fungsi pengayaan artinya melalui pembelajaran remedial akan memeperkaya proses pembelajaran, sehingga materi yang tidak disampaikan pada proses pembelajaran akan dapat diperoleh melalui pembelajaran remedial.
e.          Fungsi akselerasi
Fungsi akselerasi artinya melalui pembelajaran remedial akan dapat diperoleh hasil belajar yang lebih baik dengan menggunakan waktu yang efektif dan efisien.
f.          Fungsi terapeutik
Fungsi terapeutik artinya melalui pembelajaran remedial, kondisi – kondisi kepribadian siswa yang diperkirakan menunjukan adanya penyimpangan dapat disembuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar