Selasa, 15 Maret 2016

Contoh Lokasi dan Subjek Penelitian di SD

a.         Lokasi Penelitian

Peneliti akan melakukan penelitian di SD Negeri 2 Kelapasawit. SD tersebut terletak di di Dusun. Kalapagada Rt.18/Rw.04, Desa. Kalapasawit, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis.

b.         Subjek Sumber Data Penelitian
Istilah populasi tidak digunakan pada penelitian kualitatif, tetapi menurut Spradley dinamakan “social situation” atau situasi sosial yang terdiri dari tiga elemen yaitu tempat (place), pelaku (actors), dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara  sinergis. Pada penelitian ini, peneliti mengamati secara mendalam aktivitas orang-orang yang ada pada tempat tertentu.
Pada penelitian kuantitatif sumber data disebut responden, sedangkan pada penelitian kualitatif sumber data disebut nara sumber, partisipan, dan informan. Penentuan sumber data pada penelitian kualitatif menggunakan teknik sampling.  Teknik sampling dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive. Menurut Sugiyono (2012, hlm. 124) Sampling purposive adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.
Pada pelaksanaan penelitian pengambilan subjek sumber data dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pengambilan data melalui analisis masalah berupa wawancara kepada guru kelas IV di SD Negeri 2 Kelapasawit. Tahap selanjutnya yaitu tahap uji coba produk yang dilakukan pada semua siswa kelas IV di SD Negeri 2 Kelapasawit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar